SEL.11.2-T3-8 Aksi Nyata

 

 

TOPIK 3 AKSI NYATA

PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA

No

Alur Pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?

3

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

4

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

5

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

 

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

6

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

7

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

 

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?



Pada topik 3 membahas mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang dapat membantu pendidik dalam menjalankan perannya untuk pendidikan yang lebih baik

·          Mulai dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Hal yang saya pikirkan sebelum mempelajari topik ini yaitu perspektif sosiokultural hanya sebatas seorang pendidik yang menciptakan lingkungan belajar sesuai dengan latar belakang atau karakteristik peserta didik. Namun melalui sebuah video yang ditonton dapat membuka wawasan saya bahwa selain karakter peserta didik, faktor ekonomi memiliki pengaruh yang besar terhadap pendidikan. Mereka yang berada pada ekonomi menengah kebawah sangat sulit untuk mendapatkan pendidikan yang layak sebagaimana didapatkan oleh peserta didik lainnya yang memiliki ekonomi lebih tinggi.

·           Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep dalam topik ini?

Pada topik 3 ini saya mempelajari bagaimana menyikapi perbedaan yang ada seperti perbedaan sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Selain itu aktivitas interaksi sosial, komunikasi dengan orang dewasa-anak memiliki peranan yang penting dalam membentuk pandangan anak terhadap pendidikan. Kondisi yang melekat pada anak menghasilkan sikap, nilai, maupun keterampilan yang berbeda tiap anak.

·           Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Hal yang saya pelajari dengan rekan sejawat melalui diskusi yaitu bagaimana mengintegrasikan pandangan kami masing-masing tentang pengaruh penerapan perspektif sosioal, budaya, ekonomi, dan politik dalam proses pembelajaran agar terlaksana secara efektif. Kondisi yang ada dapat mempengaruhi cara kita dalam menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kedaan peserta didik.

·           Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang saya pelajari dari demonstrasi kontekstual yaitu pada presentasi hasil diskusi kelompok. Dimana kelompok lain memberikan pertanyaan terhadap materi yang kami presentasikan, selain itu kelompok lain juga menanggapi dan memberikan tambahan terhadap materi yang kami sampaikan untuk lebih memperkuat materi yang ada. Melalui presentasi dari hasil diskusi kelompok ini menambah wawasan baru dalam menerapkan perspektif sosiokultural pada pembelajaran terkait strategi, pendekatan, ataupun metode pembelajaran yang dapat digunakan.

·           Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Adapun hal yang saya pahami hingga topik 3 ini yaitu perspektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik yang melekat pada peserta didik tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam berlangsungnya proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, sebagai pendidik perlu memahami peserta didiknya dari berbagai kondisi sehingga pembelajaran yang diberikan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Hal baru yang saya pahami dari topik ini yaitu perlunya memahami karakteristik peserta didik dilihat dari latar belakangnya. Hal ini selain dapat menumbuhkan rasa kedekatan antar pendidik dan peserta didik juga dapat membantu dalam membuat rencana pembelajaran dan menentukan strategi, pendekatan, ataupun metode pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, dan politik peserta didiknya.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

Saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai:

  1. Bagaimana caranya sebagai pendidik untuk bisa mengendalikan kelas yang peserta didiknya terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda?
  2. Apakah ada trik untuk seorang pendidik dalam membuat rencana pembelajaran agar sesuai dengan latar belakang dan kebutuhan peserta didiknya?

·          Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Koneksi antar materi perspektif sosiokultural berkaitan antar materi dengan mata kuliah lainnya yang memberikan pemahaman dan menambah wawasan saya bahwa perpsektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik yang melekat pada peserta didik dapat mempengaruhi dalam pelaksanaan pembelajarannya. Pada tugas koneksi antar materi topik 3, saya membuat video yang menjelaskan tentang materi perspektif sosiokultural yang ada pada topik 3 dan mengaitkan dengan mata kuliah lain. Tugas video saya upload pada youtube dengan melampirkan link pada tugas tersebut: 

https://youtu.be/iPBFMTahlYI


 ·          Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Manfaat pembelajaran perspektif sosiokultural untuk kesiapan saya sebagai guru yaitu memberikan wawasan dalam memahami karakteristik peserta didik yang beragam berdasarkan latar belakang budaya, sosial, ekonomi, dan politik yang perlu menjadi perhatian sehingga pada pembelajarannya dapat terlaksana dengan  baik. Selain itu dengan memahami perspektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik pada peserta didik dapat membantu dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered).

skala 1-10? Apa alasannya?

Setelah mempelajari Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia dari topik 1 sampai topik 3, kesiapan saya saat ini untuk menjadi guru dari skala 1-10 yaitu 8. Hal ini dikarenakan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan saya dalam mengajar masih belum baik namun sudah mulai berkembang sehingga saya merasa perlu meningkatkan kemampuan saya  dengan cara membaca lebih banyak referensi, berkolaborasi dengan guru yang ada di sekolah PPL dan mencoba menerapkan pembelajaran dengan melihat perspektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik peserta didik di sekolah tempat pelaksanaan PPL.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

Adapun hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut yaitu menentukan metode belajar yang cocok dan efektif dengan memperhatikan kondisi latar belakang peserta didik di sekolah PPL. Selain itu saya juga perlu mempersiapkan diri dan menambah pengetahuan lebih dalam untuk memperhatikan perspektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.


















Komentar

Postingan populer dari blog ini