SEL.11.2-T3-8
Aksi Nyata
TOPIK 3 AKSI NYATA
PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA
No |
Alur Pembelajaran |
Pertanyaan Refleksi |
1 |
Mulai
Dari Diri |
Apa yang Anda
pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? |
2 |
Eksplorasi
Konsep |
Apa yang Anda
pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini? |
3 |
Ruang
Kolaborasi |
Apa yang Anda
pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? |
4 |
Demonstrasi
Kontekstual |
Apa hal
penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda
jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)? |
5 |
Elaborasi
Pemahaman |
Sejauh ini, apa yang
sudah Anda pahami tentang topik ini?
Apa hal baru yang
Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran
dimulai?
Apa yang ingin Anda
pelajari lebih lanjut? |
6 |
Koneksi
Antar Materi |
Apa yang Anda
pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun
dengan mata kuliah lain? |
7 |
Aksi
Nyata |
Apa manfaat
pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Bagaimana Anda
menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Apa yang perlu Anda persiapkan
lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? |
Pada
topik 3 membahas mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang dapat membantu pendidik dalam menjalankan
perannya untuk pendidikan yang lebih baik
·
Mulai
dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik
ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Hal yang saya pikirkan sebelum
mempelajari topik ini yaitu perspektif sosiokultural hanya sebatas seorang
pendidik yang menciptakan lingkungan belajar sesuai dengan latar belakang atau
karakteristik peserta didik. Namun melalui sebuah video yang ditonton dapat
membuka wawasan saya bahwa selain karakter peserta didik, faktor ekonomi
memiliki pengaruh yang besar terhadap pendidikan. Mereka yang berada pada
ekonomi menengah kebawah sangat sulit untuk mendapatkan pendidikan yang layak
sebagaimana didapatkan oleh peserta didik lainnya yang memiliki ekonomi lebih
tinggi.
·
Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep dalam topik ini?
Pada topik 3 ini saya mempelajari bagaimana menyikapi perbedaan yang ada seperti perbedaan sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Selain itu aktivitas interaksi sosial, komunikasi dengan orang dewasa-anak memiliki peranan yang penting dalam membentuk pandangan anak terhadap pendidikan. Kondisi yang melekat pada anak menghasilkan sikap, nilai, maupun keterampilan yang berbeda tiap anak.
·
Ruang
Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut
bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Hal yang saya pelajari dengan rekan
sejawat melalui diskusi yaitu bagaimana mengintegrasikan pandangan kami
masing-masing tentang pengaruh penerapan perspektif sosioal, budaya, ekonomi,
dan politik dalam proses pembelajaran agar terlaksana secara efektif. Kondisi
yang ada dapat mempengaruhi cara kita dalam menerapkan pembelajaran yang sesuai
dengan kebutuhan dan kedaan peserta didik.
·
Demonstrasi
Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari
dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa
tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal penting yang saya pelajari dari
demonstrasi kontekstual yaitu pada presentasi hasil diskusi kelompok. Dimana
kelompok lain memberikan pertanyaan terhadap materi yang kami presentasikan,
selain itu kelompok lain juga menanggapi dan memberikan tambahan terhadap
materi yang kami sampaikan untuk lebih memperkuat materi yang ada. Melalui
presentasi dari hasil diskusi kelompok ini menambah wawasan baru dalam
menerapkan perspektif sosiokultural pada pembelajaran terkait strategi,
pendekatan, ataupun metode pembelajaran yang dapat digunakan.
·
Elaborasi Pemahaman
Sejauh
ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Adapun
hal yang saya pahami hingga topik 3 ini yaitu perspektif sosial, ekonomi,
budaya, dan politik yang melekat pada peserta didik tersebut memiliki pengaruh
yang besar dalam berlangsungnya proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu,
sebagai pendidik perlu memahami peserta didiknya dari berbagai kondisi sehingga
pembelajaran yang diberikan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik.
Apa
hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum
pembelajaran dimulai?
Hal
baru yang saya pahami dari topik ini yaitu perlunya memahami karakteristik
peserta didik dilihat dari latar belakangnya. Hal ini selain dapat menumbuhkan
rasa kedekatan antar pendidik dan peserta didik juga dapat membantu dalam
membuat rencana pembelajaran dan menentukan strategi, pendekatan, ataupun
metode pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya,
dan politik peserta didiknya.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih
lanjut?
Saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai:
- Bagaimana caranya sebagai pendidik untuk bisa mengendalikan kelas yang peserta didiknya terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda?
- Apakah ada trik untuk seorang pendidik dalam membuat rencana pembelajaran agar sesuai dengan latar belakang dan kebutuhan peserta didiknya?
·
Koneksi Antar
Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi
antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah
lain?
Koneksi antar materi perspektif sosiokultural berkaitan antar materi dengan mata kuliah lainnya yang memberikan pemahaman dan menambah wawasan saya bahwa perpsektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik yang melekat pada peserta didik dapat mempengaruhi dalam pelaksanaan pembelajarannya. Pada tugas koneksi antar materi topik 3, saya membuat video yang menjelaskan tentang materi perspektif sosiokultural yang ada pada topik 3 dan mengaitkan dengan mata kuliah lain. Tugas video saya upload pada youtube dengan melampirkan link pada tugas tersebut:
Apa
manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat
pembelajaran perspektif sosiokultural untuk kesiapan saya sebagai guru yaitu
memberikan wawasan dalam memahami karakteristik peserta didik yang beragam berdasarkan
latar belakang budaya, sosial, ekonomi, dan politik yang perlu menjadi
perhatian sehingga pada pembelajarannya dapat terlaksana dengan baik. Selain itu dengan memahami perspektif
sosial, ekonomi, budaya, dan politik pada peserta didik dapat membantu dalam
merencanakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered).
skala
1-10? Apa alasannya?
Setelah
mempelajari Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia dari topik 1
sampai topik 3, kesiapan saya saat ini untuk menjadi guru dari skala 1-10 yaitu
8. Hal ini dikarenakan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan saya dalam
mengajar masih belum baik namun sudah mulai berkembang sehingga saya merasa
perlu meningkatkan kemampuan saya dengan
cara membaca lebih banyak referensi, berkolaborasi dengan guru yang ada di
sekolah PPL dan mencoba menerapkan pembelajaran dengan melihat perspektif
sosial, ekonomi, budaya, dan politik peserta didik di sekolah tempat
pelaksanaan PPL.
Apa
yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan
optimal?
Adapun
hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut yaitu menentukan metode belajar
yang cocok dan efektif dengan memperhatikan kondisi latar belakang peserta
didik di sekolah PPL. Selain itu saya juga perlu mempersiapkan diri dan menambah
pengetahuan lebih dalam untuk memperhatikan perspektif sosial, ekonomi, budaya,
dan politik peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar