TOPIK 4 AKSI NYATA

PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA

 

SEL.11.2-T4-9 Aksi Nyata


Mulai dari Diri

-         Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai proses pembelajaran tentang topik ini, saya belum mengetahui apa itu Zone of Proximal Development (ZPD) dan apa hubungannya dengan pembelajaran. Sehingga saya harus mempelajari lebih lanjut mengenai topik ini lebih lanjut.


Eksplorasi Konsep

-         Apa yang Anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?

Setelah membaca referensi yang tersedia, saya dapat mempelajari bagaimana konsep pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokultural dalam menerapkan ZPD pada pembelajaran. ZPD yaitu bagaimana cara kita memberikan pendampingan terhadap peserta didik sesuai kebutuhannya agar mereka dapat berpikir kritis dan mandiri sehingga dapat memecahkan masalahnya sendiri. Sebelum pembelajaran dimulai, perlu untuk mengidentifikasi dan memahami kondisi peserta didik untuk memudahkan guru dalam memberikan pembelajaran sehingga aktivitas mereka dapat terancang dengan baik dan meningkatkan kualitas belajarnya di kelas.


Ruang Kolaborasi

-         Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada ruang kolaborasi ini, kami secara berkelompok berdiskusi tentang pandangan masing-masing mengenai ZPD dalam pembelajaran dan kesiapan dalam mengajar dengan memperhatikan ZPD peserta didik. Dari hasil diskusi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan ZPD dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman peserta didik. Selain itu, hasil diskusi mengacu pada perlunya memahami karakteristik peserta didik sehingga kita dapat mengetahui batas kemampuannya dan dapat memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan.


Demonstrasi Kontekstual

-   Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Berdasarkan hasil diskusi pandangan rekan sejawat pada kelompok dimana kami memahami bahwa pembelajaran menggunakan ZPD dapat membantu peserta didik dan guru dalam membuat pembelajaran yang efektif dan berpihak kepada peserta didik. Dengan memahami ZPD tiap peserta didik, guru lebih mudah menentukan sejauh mana batas bantuan (scaffolding) diberikan sehingga peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya. Dari diskusi kelompok ini juga memberikan saya pemahaman bahwa pandangan setiap rekan berbeda-beda namun masih pada satu tujuan yaitu menyadari bahwa pembelajaran dengan memperhatikan ZPD memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran.


Elaborasi Pemahaman

-         Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini pada topik 4 yang saya pelajari dapat saya pahami bahwa pembelajaran dengan memperhatikan ZPD peserta didik dan proses scaffolding memiliki pengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas. Dengan memberikan bantuan kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhannya dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mandiri dan berpikir kritis. Selain itu dapat membantu guru dalam merancang pembelajaran yang efektif untuk mengoptimalkan potensi yang ada pada peserta didik.

-         Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Pemahaman baru yang saya dapatkan dari mempelajari topik ini yaitu mengenai scaffolding. Pemberian bantuan kepada peserta didik pada tahap awal pembelajaran dan perlahan mengurangi bantuan tersebut ketika dirasa peserta didik sudah mampu secara mandiri mengerjakan tugasnya. Selain itu, ZPD dapat mengurangi kesenjangan dalam belajar, meningkatkan interaksi sosial, serta meningkatkan motivasi belajarnya.

-         Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut mengenai topik bahasan ZPD dan scaffolding ini yaitu apakah dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan dan kelas dan bagaimana membuat rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan ZPD dengan teknologi sehingga pembelajaran peserta didik dapat lebih bermakna.


Koneksi Antar Materi

-      Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Konsep ZPD pada materi kuliah perspektif sosiokultural ini memiliki kaitan atau koneksi dengan mata kuliah lainnya, seperti pada mata kuliah pembelajaran berdiferensiasi, prinsip pengajaran dan asesmen yang efektif, pemahaman tentang peserta didik dan pembelajarannya, serta filosofi pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari peta konsep yang tertera.

 

Aksi Nyata

-         Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat pembelajaran perspektif sosiokultural ini bagi saya yaitu untuk mempersiapkan diri sebagai guru yang berkembang sesuai zaman. Banyak pengetahuan dengan memahami ZPD peserta didik yaitu untuk menciptakan proses pembelajaran secara optimal serta penggunaan scaffolding kepada peserta didik sehingga dapat memberikan bantuan dengan memperhatikan kemampuan peserta didik masing-masing.


-         Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Kesiapan saya saat ini untuk menjadi guru yaitu di angka 7, hal ini karena saya masih perlu banyak belajar untuk menjadi seorang guru sehingga dapat menerapkan ZPD pada proses pembelajaran di kelas. Saya juga masih perlu nelajar untuk memahami karakter peserta didik yang beragam agar dapat memilih strategi yang tepat dalam pelakasanaan pembelajaran.


-         Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Banyak hal yang harus saya persiapkan untuk dapat menerapkan ilmu yang saya peroleh. Saya harus terus belajar dan evaluasi diri untuk dapat mengembangkan kemampuan saya agar dapat menjadi seorang pendidik yang dapat menciptakan generasi yang lebih baik sehingga dapat bersaing dan kuat dalam menghadapi zaman yang terus berubah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini