TOPIK 4 AKSI
NYATA
PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM
PENDIDIKAN INDONESIA
SEL.11.2-T4-9 Aksi
Nyata
Mulai dari Diri
-
Apa yang Anda
pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai
proses pembelajaran tentang topik ini, saya belum mengetahui apa itu Zone of Proximal Development (ZPD) dan
apa hubungannya dengan pembelajaran. Sehingga saya harus mempelajari lebih
lanjut mengenai topik ini lebih lanjut.
Eksplorasi Konsep
-
Apa yang Anda
pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?
Setelah membaca
referensi yang tersedia, saya dapat mempelajari bagaimana konsep pembelajaran
yang melibatkan perspektif sosiokultural dalam menerapkan ZPD pada
pembelajaran. ZPD yaitu bagaimana cara kita memberikan pendampingan terhadap
peserta didik sesuai kebutuhannya agar mereka dapat berpikir kritis dan mandiri
sehingga dapat memecahkan masalahnya sendiri. Sebelum pembelajaran dimulai,
perlu untuk mengidentifikasi dan memahami kondisi peserta didik untuk
memudahkan guru dalam memberikan pembelajaran sehingga aktivitas mereka dapat
terancang dengan baik dan meningkatkan kualitas belajarnya di kelas.
Ruang Kolaborasi
-
Apa yang Anda
pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Pada ruang
kolaborasi ini, kami secara berkelompok berdiskusi tentang pandangan
masing-masing mengenai ZPD dalam pembelajaran dan kesiapan dalam mengajar
dengan memperhatikan ZPD peserta didik. Dari hasil diskusi dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan ZPD dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman
peserta didik. Selain itu, hasil diskusi mengacu pada perlunya memahami
karakteristik peserta didik sehingga kita dapat mengetahui batas kemampuannya
dan dapat memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan.
Demonstrasi Kontekstual
- Apa hal penting
yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama
kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Berdasarkan
hasil diskusi pandangan rekan sejawat pada kelompok dimana kami memahami bahwa
pembelajaran menggunakan ZPD dapat membantu peserta didik dan guru dalam
membuat pembelajaran yang efektif dan berpihak kepada peserta didik. Dengan
memahami ZPD tiap peserta didik, guru lebih mudah menentukan sejauh mana batas
bantuan (scaffolding) diberikan
sehingga peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya. Dari diskusi kelompok
ini juga memberikan saya pemahaman bahwa pandangan setiap rekan berbeda-beda
namun masih pada satu tujuan yaitu menyadari bahwa pembelajaran dengan
memperhatikan ZPD memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran.
Elaborasi Pemahaman
-
Sejauh ini, apa
yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Sejauh ini pada topik 4
yang saya pelajari dapat saya pahami bahwa pembelajaran dengan memperhatikan
ZPD peserta didik dan proses scaffolding memiliki
pengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas. Dengan memberikan bantuan
kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhannya dapat meningkatkan kemampuan peserta
didik untuk mandiri dan berpikir kritis. Selain itu dapat membantu guru dalam
merancang pembelajaran yang efektif untuk mengoptimalkan potensi yang ada pada
peserta didik.
-
Apa hal baru
yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran
dimulai?
Pemahaman baru yang
saya dapatkan dari mempelajari topik ini yaitu mengenai scaffolding. Pemberian bantuan kepada peserta didik pada tahap awal
pembelajaran dan perlahan mengurangi bantuan tersebut ketika dirasa peserta
didik sudah mampu secara mandiri mengerjakan tugasnya. Selain itu, ZPD dapat
mengurangi kesenjangan dalam belajar, meningkatkan interaksi sosial, serta
meningkatkan motivasi belajarnya.
-
Apa yang ingin
Anda pelajari lebih lanjut?
Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut mengenai
topik bahasan ZPD dan scaffolding ini
yaitu apakah dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan dan kelas dan
bagaimana membuat rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan ZPD dengan
teknologi sehingga pembelajaran peserta didik dapat lebih bermakna.
Koneksi Antar Materi
- Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Konsep ZPD pada materi kuliah perspektif
sosiokultural ini memiliki kaitan atau koneksi dengan mata kuliah lainnya,
seperti pada mata kuliah pembelajaran berdiferensiasi, prinsip pengajaran dan
asesmen yang efektif, pemahaman tentang peserta didik dan pembelajarannya,
serta filosofi pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari peta konsep yang tertera.
Aksi Nyata
-
Apa manfaat
pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat pembelajaran perspektif sosiokultural ini bagi saya yaitu untuk mempersiapkan diri sebagai guru yang berkembang sesuai zaman. Banyak pengetahuan dengan memahami ZPD peserta didik yaitu untuk menciptakan proses pembelajaran secara optimal serta penggunaan scaffolding kepada peserta didik sehingga dapat memberikan bantuan dengan memperhatikan kemampuan peserta didik masing-masing.
-
Bagaimana Anda menilai
kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Kesiapan saya saat ini untuk menjadi guru yaitu di angka 7, hal ini karena saya masih perlu banyak belajar untuk menjadi seorang guru sehingga dapat menerapkan ZPD pada proses pembelajaran di kelas. Saya juga masih perlu nelajar untuk memahami karakter peserta didik yang beragam agar dapat memilih strategi yang tepat dalam pelakasanaan pembelajaran.
-
Apa yang perlu
Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Banyak
hal yang harus saya persiapkan untuk dapat menerapkan ilmu yang saya peroleh. Saya
harus terus belajar dan evaluasi diri untuk dapat mengembangkan kemampuan saya
agar dapat menjadi seorang pendidik yang dapat menciptakan generasi yang lebih baik
sehingga dapat bersaing dan kuat dalam menghadapi zaman yang terus berubah.
Komentar
Posting Komentar